Jumat, 30 September 2022

Membuat Blog di Blogger dan Setting Custom Domain

Semangat Pagi!
Pada kesempatan kali ini penulis akan berbagi artikel tentang penyelesaian tugas pada TOT-2 Sagusablog. TOT-2 Sagusablog adalah Training Of Trainer ke-2 yang diselenggarakan oleh IGI melalui kanal Sagusablog. Terdapat enam tagihan modul yang harus peserta TOT selesaikan. Modul 1 TOT adalah Membuat Blog di Blogger dan Setting Custom Domain.
Pada tugas pertama ini penulis mencoba setting custom domain dengan sub domain https://info.melajah.web.id
Sebelumnya penulis sudah mempunyai blog hasil workshop Sagusablog Lanjutan yaitu https://www.melajah.web.id yang sudah berdomain premium yang juga merupakan syarat untuk mengikuti TOT-2 Sagusablog. Berikut adalah langkah-langkah untuk setting sub domain https://info.melajah.web.id.

Langkah pertama adalah setting sub domain di https://www.cloudflare.com yaitu sebagai berikut:

1. Login blogger dan pilih blog yang akan dijadikan sub domain, setelah itu pilih setelan, klik Domain Kustom (1) pada bagian Mempublikasikan – tuliskan nama domain premium (2) – SIMPAN (3)


Pada gambar di atas saya memberi contoh dengan memasukan domain premium info.melajah.web.id.
Sampai disini berhenti dulu dan jangan ditutup, pindah ke situs https://www.cloudflare.com.

2. Buka situs https://www.cloudflare.com dan klik Sign Up;


3. Masukan email dan password, kemudian klik tombol Create Account, untuk penulisan password yang dizinkan contohnya seperti ini: Semangat#45


4. Klik menu Add site, kemudian tuliskan nama domain anda, dan klik tombol Add site;


5. Pilih paket gratis (free), kemudian klik tombol Get started;


Tunggu proses scan settingan DNS domain sampai selesai.
Jika sebelumnya anda pernah melakukan setting DNS di panel domain tempat anda membeli domain, maka semua settingan akan terdeteksi dan bisa langsung tersimpan di cloudflare. Supaya cepat terdeteksi, anda bisa nonaktifkan proxied dengan cara klik icon awan orange, supaya berubah jadi abu-abu, setelah itu anda klik tombol Continue.

6. Salin dua baris name server cloudflare untuk dimasukan di panel domain anda. 


Jangan lupa lakukan verifikasi kepemilikan email berupa klik link verifikasi yang dikirim cloudflare ke email yang anda gunakan untuk mendaftar.

7. Pada langkah ini, silahkan anda login di panel domain dimana anda membeli domain, pada panduan ini saya anggap anda membeli domain di domain.mungbisnis.com, maka silahkan anda klik menu Customer Login di domain.mungbisnis.com dengan menggunakan email dan password yang terdaftar.


8. Setelah berhasil login, klik menu My Domains yang ada di sebelah kiri, dan klik nama domain anda, perhatikan gambar berikut:


9. Klik nama domain anda, kemudian scroll ke bawah cari pengaturan Name Server dan klik tombol Modify.

10. Silahkan masukan name server dari cloudflare yang sudah anda copy sebelumnya, kemudian klik tombol Update Name Servers.


Sambil menunggu proses pendeteksian perubahan name server pada domain, silahkan anda kembali ke cloudflare untuk melanjutkan dengan klik tombol: Done, check nameservers - Configurasi domain untuk mengoptimalkan settingan pada cloudflare, silahkan anda ikuti untuk mengaktifkan fitur-fitur yang direkomendasikan cloudflare untuk domain anda dengan cara klik tombol Get started.


Setelah klik Get started, silahkan anda aktifkan fitur-fitur yang dibutuhkan, kemudian klik tombol Save, ikuti petunjuk sampai dengan tombol Finish.


11. Klik menu DNS – klik Add record – Pilih type CNAME – masukan www dan target ghs.google.com – non aktifkan proxy – klik tombol Save.




Lakukan hal yang sama untuk memasukan kode verifikasi blogger selanjutnya. 

Setting Custom sub domain di cloudflare

Untuk praktik setting custom sub domain di cloudflare, kita bisa membuat blog baru terlebih dahulu. Pengaturan sub domain di cloudflare langkah-langkahnya sama dengan langkah custom domain utama, perbedaannya hanya pada nama sub domainya saja, jika custom domain utama menggunakan melajah.web.id maka setting custom sub domain kita bisa membuat nama lain seperti info.melajah.web.id yang penulis buat.

Setting yang dilakukan pada cloudflare seperti gambar di bawah ini:


Demikian artikel yang berjudul Membuat Blog di Blogger dan Setting Custom Domain, semoga bermanfaat.

Location: Denpasar, Kota Denpasar, Bali, Indonesia

0 comments:

Posting Komentar