Selasa, 17 Juli 2018

Download Program Tahunan dan Semester Kurikulum 2013 SD

Download Program Tahunan dan Semester Kurikulum 2013

Prota 2018

Program Tahunan (Prota) adalah rencana penetapan alokasi waktu satu tahun untuk mencapai tujuan (SK dan KD) yang telah ditetapkan. Penetapan alokasi waktu diperlukan agar seluruh kompetensi dasar yang ada dalam kurikulum seluruhnya dapat dicapai oleh siswa. Atau dengan kata lain, Prota merupakan program umum tematik terpadu untuk setiap kelas yang dikembangkan oleh guru. Program Tahunan tersebut sebagai rencana umum pelaksanaan pembelajaran muatan mata pelajaran setelah diketahui kepastian jumlah jam pelajaran efektif dalam satu tahun. Program tahunan perlu dipersiapkan dan dikembangkan oleh guru sebelum tahun pelajaran, karena merupakan pedoman bagi pengembangan program-program berikutnya, yakni Program Semester, Silabus, dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).
Fungsi Program Tahunan (Prota) dalam kegiatan pendidikan/ pembelajaran:
  1. Sebagai pedoman dalam menyusun Promes, program suatu pelajaran dan juga sebagai persiapan dalam mengajar agar lebih rapi dan terorganisir secara lebih matang. 
  2. Sebagai pedoman dalam membuat Kalender Pendidikan.
  3. Sebagai acuan dalam rangka optimalisasi, efisiensi dan efektivitas penggunaan waktu belajar efektif yang ada.
Promes 2018Program Semester (Promes) adalah merupakan penjabaran dari program tahunan yang berisi hal-hal yang ingin dicapai pada semester tersebut. Program semester (Promes) adalah rumusan kegiatan belajar mengajar untuk satu semester yang kegiatannya dibuat berdasarkan pertimbangan alokasi waktu yang tersedia, jumlah pokok bahasan yang ada dalam semester tersebut dan frekuensi ujian yang disesuaikan dengan kalender pendidikan. Promes akan mempermudah guru dalam alokasi waktu mengajarkan materi yang harus dicapai dalam semester tersebut. Atau dengan pengertian lainnya yakni bahwa Program semester adalah merupakan penjabaran dari program tahunan sehingga program semester (Promes) ini tidak bisa disusun sebelum tersusun program tahunan (Prota). Promes berisikan garis-garis besar mengenai hal-hal yang hendak dilaksanakan dan dicapai dalam semester tersebut.

Fungsi Program Semester (Promes) dalam kegiatan pendidikan/ pembelajaran :
  1. Menyederhanakan/ memudahkan tugas seorang guru dalam pembelajaran selama satu semester;
  2. Sebagai pedoman/ acuan arah kegiatan dalam mencapai tujuan pembelajaran yang diprogramkan;
  3. Sebagai pola dasar dalam mengatur tugas dan wewenang bagi setiap unsur yang terlibat dalam kegiatan pembelajaran;
  4. Sebagai pedoman kerja bagi guru sekaligus bagi murid;
  5. Sebagai parameter efektivitas dalam suatu proses pembelajaran;
  6. Sebagai bahan penyusunan data agar terjadi keseimbangan kerja;
  7. Menghemat waktu, tenaga, alat-alat dan biaya karena berlangsungnya program kerja yang efektif dan efisien serta terukur.
Baiklah rekan-rekan guru dan juga sahabat, kali ini Dinding Edukasi akan berbagi Program Tahunan dan Program Semester yang disusun oleh sahabat kita I Made Rai Alit Sentanu, S.Pd. File Program Tahunan dan Program Semester ini dalam bentuk excel yang bisa diedit sesuai dengan kebutuhan.

Bagi sahabat yang membutuhkan bisa mendownloadnya pada link download berikut :

Prota dan Promes Kelas 1 (download)

Prota dan Promes Kelas 2 (download)

Prota dan Promes Kelas 3 (download)

Prota dan Promes Kelas 4 (download)

Prota dan Promes Kelas 5 (download)

Prota dan Promes Kelas 6 (download)

Semoga bermanfaat.


0 comments:

Posting Komentar