Ikatan Guru Indonesia

Sharing and Growing Together bersama IGI.

Ikatan Guru Indonesia

Jadi Guru Blogger Bersama SAGUSABLOG (Satu Guru Satu Blog).

SD Negeri 3 Tulamben

Partisipasi SDN 3 Tulamben pada lomba Gerak Jalan 17 Agustus dalam rangka menyambut Hari Kemerdekaan NKRI.

SDN 3 Tulamben

Pemupukan sikap disiplin sejak dini melalui upacara bendera setiap Hari Senin di SDN 3 Tulamben.

SD Negeri 3 Tulamben

Menumbuh kembangkan sikap mandiri dan rasa percaya diri siswa SDN 3 Tulamben melalui kegiatan pramuka.

SDN 14 Padangsambian

Juara Nyurat Aksara Bali dan Busana Adat yang diselenggarakan oleh Forum Intelektual Muda Hindu Dharma (FIMHD) dalam rangka Festival Anak Hindu Indonesia ke-18 Tahun 2019.

SDN 14 Padangsambian

Kegiatan Literasi Bersama di Luar Kelas SDN 14 Padangsambian.

SDN 14 Padangsambian

Pembukaan Pesraman Kilat oleh Ibu Kepala SDN 14 Padangsambian.

Selasa, 17 Juli 2018

Download Format KKM K13 Tahun Pelajaran 2018/2019

Download Format KKM Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2018/2019

KKM Kurikulum 2013 Terbaru

KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) adalah kriteria paling rendah untuk menyatakan peserta didik mencapai ketuntasan belajar. KKM harus ditetapkan diawal tahun pelajaran oleh satuan pendidikan berdasarkan hasil musyawarah guru mata pelajaran pada satuan pendidikan atau beberapa satuan pendidikan yang memiliki karakteristik yang hampir sama. Pertimbangan pendidik atau forum MGMP secara akademis menjadi pertimbangan utama penetapan KKM.

Download Program Tahunan dan Semester Kurikulum 2013 SD

Download Program Tahunan dan Semester Kurikulum 2013

Prota 2018

Program Tahunan (Prota) adalah rencana penetapan alokasi waktu satu tahun untuk mencapai tujuan (SK dan KD) yang telah ditetapkan. Penetapan alokasi waktu diperlukan agar seluruh kompetensi dasar yang ada dalam kurikulum seluruhnya dapat dicapai oleh siswa. Atau dengan kata lain, Prota merupakan program umum tematik terpadu untuk setiap kelas yang dikembangkan oleh guru. Program Tahunan tersebut sebagai rencana umum pelaksanaan pembelajaran muatan mata pelajaran setelah diketahui kepastian jumlah jam pelajaran efektif dalam satu tahun. Program tahunan perlu dipersiapkan dan dikembangkan oleh guru sebelum tahun pelajaran, karena merupakan pedoman bagi pengembangan program-program berikutnya, yakni Program Semester, Silabus, dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).

Sabtu, 07 Juli 2018

Download Daftar Nilai Semester 1 Kurikulum 2013

dafatar nilai kurikulum 2013 terbaru bisa ditemukan disini
Salah satu tahap kegiatan pembelajaran adalah tahap penilaian. Dalam kurikulum 2013, penilaian mencakup tiga aspek yaitu aspek kognitif (KI-3), aspek sikap (KI-1 dan KI-2), dan aspek psikomotor (KI-4). Penilaian yang dilakukan guru dalam 3 ranah ini membutuhkan format penilaian yang tepat sehingga sangat membantu guru dalam melakukan penilaian secara objektif. Pada kesempatan ini Dinding Eduksi akan berbagi Daftar Nilai Kelas 1 sampai Kelas 6 Kurikulum 2013 Semester Satu.

Jumat, 06 Juli 2018

Download Kalender Pendidikan Tahun Pelajaran 2018/2019

kalender pendidikan provinsi bali
Memasuki tahun pelajaran baru, sudah menjadi kewajiban rekan-rekan guru untuk mempersiapkan administrasi pembelajaran agar kegiatan pembelajaran berjalan dengan efektif dan efisien. Salah satu administrasi penting yang wajib dipersiapkan adalah kalender pendidikan. Pada kesempatan ini Dinding Edukasi akan berbagi kalender pendidikan tahun pelajaran 2018/2019 yang dikeluarkan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Bali.
Untuk lebih jelasnya bisa direview dibawah ini :

Download Buku Kurikulum 2013 Kelas 3 Revisi 2018

Buku K13 Revisi 2018
Memasuki tahun pelajaran baru 2018/2019 tentu banyak hal yang harus dipersiapkan oleh rekan-rekan guru, salah satunya adalah buku materi. Pada kesempatan ini kami akan berbagi Buku Siswa Tematik terpadu kelas 3 SD/MI hasil revisi tahun 2018.

Kamis, 05 Juli 2018

Ingke Muntig Asli Bali

"Ingke Muntig Asli Bali"
  • Ingke cantik ini adalah hasil karya siswa dan siswi SD Negeri 3 Tulamben yang dibina oleh para guru SD Negeri 3 Tulamben yang beralamat di Desa Muntig, Kecamatan Kubu, Karangasem Bali. 
  • Terbuat dari lidi daun enau atau juga disebut ental. 
  • Berfungsi sebagai alas makanan (piring). 
  • Penggunaan ingke ini disertai dengan meletakkan kertas minyak atau bisa juga dengan daun pisang terlebih dahulu diatas ingke tersebut sebelum ditaruh makanan.
Harga perbiji Rp5.000,00-
Pesan disini :
  • 085739249184 
  • 085858419929 











Rabu, 04 Juli 2018

Buku Kelas 6 Tema 1

Buku Kelas 6 Tema 1

Buku ini adalah buku Kelas 6 Tema 1 edisi revisi Tahun 2018 Buku Siswa. Untuk mendownloadnya bisa klik disini.
Semoga bermanfat.

Buku Kelas 2 Tema 1

Buku Kelas 2 Tema 1
Buku ini adalah buku Kelas 2 Tema 1 edisi revisi Tahun 2017 pegangan guru. Untuk mendownloadnya bisa klik disini.
Semoga bermanfat.

Buku Kelas 4 Tema 1

Buku Kelas 4 Tema 1

Buku ini adalah buku Kelas 4 Tema 1 revisi Tahun 2017 pegangan siswa. Untuk mendownloadnya bisa klik disini.
Semoga bermanfat.


Buku Kelas 1 Tema 1

Buku Kelas 1 Tema 1
Berikut ini adalah Buku Pegangan Siswa Kelas 1 Tema 1 revisi Tahun 2017.

Buku Kelas 5 Tema 6

Buku Kelas 5 Tema 6
Berikut ini adalah buku Kelas 5 Tema 6 Pegangan Siswa, semoga bermanfaat !

Selasa, 03 Juli 2018

Soal Online Mata Pelajaran IPS Kelas 5 SD

Soal Online
Mata Pelajaran IPS
Kelas 5 SD
Semester II

Program Semester I Kelas 5

Senin, 02 Juli 2018

Program Tahunan Kelas 5

Lirik dan Video "Mars Ikatan Guru Indonesia"





Mars IGI

Syair : HB Arifin
Musik dan Lagu : Budiyono & Hariyanto S



IGI
Ikatan Guru Indonesia
Mengemban Visi Mencerdaskan Bangsa
Mendidik Generasi Mulia
Menjunjung Kehormatan dan Kode Etik guru Indonesia

Satu Guru Satu Blog




Dalam rangka mendukung visi dan misi sebagai organisasi profesi guru yang professional, utamanya dalam meningkatkan kompetensi profesional, kompetensi pedagogik, kompetensi sosial maupun kompetensi kepribadian, Ikatan Guru Indonesia atau IGI membentuk kanal-kanal yang bertujuan untuk memberikan pelatihan-pelatihan kepada para guru Indonesia yang ingin mendalami kompetensi yang ada. 

SAGUSABLOG atau Satu Guru Satu Blog adalah salah satu kanal pelatihan yang dimiliki IGI. SAGUSABLOG bertujuan untuk meningkatkan kemampuan para guru IGI. Pelatihan ini merupakan salah satu wadah pengembangan diri bagi para guru untuk menyesuaikan diri terhadap pesatnya perkembangan era digital saat ini. Melalui SAGUSABLOG para guru diharapkan mampu membuat dan mengelola blog sendiri agar dapat dimanfaatkan bagi siswa-siswinya maupun para guru yang lain dalam kegiatan pembelajaran. 


Ikatan Guru Indonesia



Guru Inovatif
Dalam Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, pendidikan diartikan sebagai usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. 

Profesi guru harus dihargai dan dikembangkan sebagai profesi yang bermartabat sebagaimana diamanatkan dalam Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Hal ini dikarenakan guru merupakan tenaga profesional yang mempunyai fungsi, peran, dan kedudukan sangat penting dalam mencapai Visi Kemdikbud 2025 yaitu Menciptakan Insan Indonesia Cerdas dan Kompetitif.